0

Halloween Di Indonesia

Posted by Unknown on 6:04 PM
Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam yang biasanya diadakan setiap akhir bulan oktober, yaitu tepatnya pada 31 Oktober, Halloween adalah salah satu tradisi yang selalu dirayakan oleh bangsa tetangga kita, yaitu Amerika Serikat :D, mungkin sudah tidak asing bagi kita kalau mendengar kata Halloween
Kalau kita liat di televisi, Internet atau di Koran media luar, perayaan Halloween sering identik dengan Kostum menyeramkan, seperti hantu dan sejenisnya, biasanya juga perayaan ini dirayakan anak-anak, remaja, sampai yang sudah dewasa dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah kanan kiri dan meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" setelah ditelusuri menurut sumber yang dapat dipercaya ternyata arti kata kata itu adalah "Beri kami (permen) atau kami jahili."



Wahh... sungguh keren tradisi ini menurut saya, mungkin apabila tradisi ini dilakukan atau dirayakan di Indonesia, pasti penduduk punya 1001 macam kostum yang menakutkan, sedang kita tau, bahwa hantu original By Indonesia sangat banyak seperti, Pocong, Kuntilanak, Jenglot, Sundel Bolong, dll..
Serem juga ya kalo bahas hantu hantu yang Made In Indonesia, jadi mungkin kita bisa membayangkan apa yang terjadi jika di Indonesia kita tercinta ini ada hantu macam macam itu, hiii.... makanya bersyukur kita di Indonesia karna tidak ada perayaan Halloween.
Namun mungkin ada sebagaian orang yang memang bermental Semen+Baja, jadi tidak akan takut sama hantu-hantu Indonesia (contohnya saya :D), jika Halloween terjadi di Indonesia, pastinya Kuburan yang Asli sama yang buatan tak akan bisa dibedakan..
Hahahahaa..

Upss...hampir lupa, mungkin jika kita tau Halloween itu identik dengan labu yang seperti kepala, ada mata, hidung, telinga. Taukah kamu jika hal tersebut memiliki arti simbol tersendiri?
Orang kampung disana menyebut labu itu dengan sebutan Jack-o'-lantern yang tentunya biar menyeramkan, ada juga yang berbentuk orang-orangan sawah yang katanya sih menggambarkan keadaan pertanian saat musim gugur, namun berbeda saat di film film, sutradara-sutradara perfilman dunia lebih kreatif sehingga di bentuklah tokoh tokoh lain dengan tema Halloween seperti burung hantu, kain terbang, dan lain lain yang tidak jelas maknanya :D



Perayaan Halloween di Indonesia sudah menjadi acara tahunan tersendiri nih khususnya di Jakarta. Walaupun sebenernya bukan budaya asli ataupun hal yang bersangkutan dengan Indonesia, tapi karena budaya warganya yang suka “latah” dengan budaya luar inilah perayaan Halloween kian marak di Jakarta. Walaupun tidak seseru di negara asalnya seperti negara Eropa dan Amerika Serikat, perayaan Halloween di Indonesia pun sudah jadi buah bibir.

Jika perayaan Halloween di luar negeri dilakukan dengan memasang Jack O’Lantern atau buah labu yang di ukir dan di pasang lilin didalamnya, serta segala bentuk hiasan yang menyerampan di halaman dan di dalam rumah, di Indonesia justru sebaliknya nih. Di sini kita jarang melihat hiasan-hiasan seram tergeletak di sekitar rumah (kecuali rumah orang Asing). Kita juga gak bakal ngeliat anak-anak yang mengenakan kostum unik keliling rumah tetangga dengan menyebutkan “Trik Or Treat” seperti di luar negeri. Perayaan Halloween di Indonesia, lebih bersifat hiburan malam dan mungkin di dalam mall-mall saja yang diberi hiasan ala Halloween.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 IVAN TARIGANS All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.